Saturday, February 11, 2017

Love Your Job and Your Job Will Love You Back!

Judul di atas serius banget.Kalau dipikir-pikir, sudah berapa tahun ya saya menggeluti pekerjaan ini? Seumur hidup saya sangat mencintai yang namanya dunia art & craft. Walaupun saya merasa ngga pinter banget dalam membuat sesuatu tapi at least saya jatuh cinta! Dari SD udah seneng banget yang namanya dunia ketrampilan. Saya selalu menunggu-nunggu mata pelajaran yang 1 ini. Menurut saya, hidup udah ribet, ngga perlu dibuat tambah ribet *alasan supaya ngga belajar fisika dan kimia*.

SMP dan SMA semakin tertarik lagi. Hampir seluruh buku cetak pelajaran berhiaskan doodle-doodle yang ngga penting :D Tapi saya mah 'pede' aja, toh yang baca juga cuma saya doang. Walaupun emang jadi lebih inget gambarnya daripada isi bukunya hahaha :D

Waktu SMA saya pernah sebangku dengan teman dekat saya, Anka. Anka juga sama gilanya dengan saya. Sepanjang hari hanya corat-coret buku pelajaran :p Kadang kami juga suka bertukar ilmu. *Ilmu tentang menggambar lahhh, bukan ilmu pelajaran di sekolah :D Duh, maaf ya bapak dan ibu guru!

Singkat kata saya mengambil jurusan komunikasi visual yang akhirnya menghantarkan saya untuk bekerja di Metro TV sebagai graphic designer. Berhubungan erat sekali dengan ilmu ketika di kampus. Tapi kok.... tapi kok lama-lama ngga sreg ya. Swear, saya punya teman 1 ruangan yang super baikkkkkk *Hallo Mas Gun, Desy, Tanti, Oliv, Helen, Cici, Noval, dll...* Ngga sregnya karena pekerjaan yang saya lakukan kok kayanya serius banget ya? Yaiya lahhh.. Namanya juga kantor berita :p Setelah ditahan-tahan selama 2 tahun, barulah saya memberanikan diri untuk minta ijin ke orang tua untuk bekerja sesuai dengan apa yang saya cita-citakan. 

Menjadi diri sendiri.
Intinya menjadi diri sendiri. Menggunakan kemampuan sendiri untuk bekerja. Menjadi tuan di atas semua usaha saya. Puji Tuhan orang tua mendukung. Jadilah mulai tahun 2010 saya fokus bekerja di dunia yang saya ingini sejak kecil. Memang sih, Ideku Handmade sendiri sudah ada sejak 2008, tetapi itupun masih disambi dengan pekerjaan kantoran. 

Mungkin di tahun 2009/2010 saya pertama kalinya mengumpulkan beberapa teman crafter untuk membuat karya bersama. Kalau sekarang bahasa trendnya mah 'workshop'. Pertemuan tersebut diadakan di rumah bude saya. Walaupun serba dadakan dan sederhana, tapi cikal bakal di hari itulah yang membuat saya punya komitmen untuk mengadakan hal yang serupa sampai dengan detik ini. 

Selama 6 tahun-an ini Ideku Handmade aktif membuat workshop baik yang diadakan sendiri maupun bekerja sama dengan pihak lain. Dulunya kami sering juga mengadakan di workshop yang lama. Terus sempat vakum dan hanya mengajar ke luar (bukan di tempat sendiri karena keterbatasan tempat). Namun sekarang setelah pindah ke BSD, makin semangat dong untuk membuka kelas di tempat sendiri. Walaupun hanya untuk beberapa orang, tetapi saya lebih suka karena komunikasi lebih terasa hangat. Malah sesudahnya saya dan para peserta pun berteman akrab :)

Dulu saya sering punya nama sendiri untuk kelas yang saya buat yaitu "Girls Day Out" Suka terharu sendiri ketika beberapa orang masih bertanya, "Mba, GDO-nya kapan lagi?" atau "Puri, kita reunian anak-anak GDO yuk!" Ah kalian memang luar biasa. Bukan saya yang terlalu bersemangat, tetapi semangat-semangat dari kalian itulah yang selalu membuat saya tetap melangkah walaupun kadang di beberapa titik saya merasa lelah :') Girls day out bisa kalian lihat-lihat di link ini. Siapa tau kalian dulu pernah ikutan dan ingin bernostalgila :D 

Setelah vakum sebentar lalu saya membuat 'julukan' baru lagi untuk kelas yang saya adakan yaitu "#latihanpegangkuas". Kelas ini ada setelah instagram menjadi salah 1 media sosial yang cukup booming di Indonesia. Makanya namanya jadi pakai hashtag. Lol. Awalnya sih buat diri saya sendiri, supaya saya makin terbiasa menggunakan kuas. Eh, ternyata.. Lagi-lagi respon dari kalian luar biasa! Sehingga saya membangkitkan lagi kelas lama yang dulu sempat mati. *hayah :p Lihat hashtag ini di link ini ya.

Oke, disinilah saya dan tim Ideku Handmade sekarang. Berusaha membenahi diri sehingga bisa memberikan yang terbaik untuk kalian semua. Terima kasih atas segala dukungannya. Terima kasih untuk semua senyumannya setiap kali kita berjumpa! :)

PS. Daripada ngga ada foto-fotonya, mending saya kasih foto workshop acrylic painting ya. Makasih loh mba Inang kiriman makanannya. Semua melukis sambil makan sampai kenyang :D hahaha... Oya, buat kalian yang mau ikutan kelas-kelas lainnya, bisa cek jadwal di link ini ATAU di sebelah kanan kolom ini kan ada button-buton. Kalian tinggal mengklik sesuai dengan apa yang kalian cari. Sampai jumpa di kelas berikutnya! Ciao Bella.

4 comments:

  1. aaa, seneng banget baca kilas baliknya Ideku Handmade. Udah ngikutin Puri lumayan lama, dulu seringnya boneka-boneka yang dari kain itu kan. hehe. Sukses terus Puri dan Ideku Handmade!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai Filicia,
      terima kasih banyak ya udah ngikutin terus hihihi.. sukses juga untukmu dan usahamu :* Tuhan memberkati.

      Delete
  2. Kak Puwi, aku ngikutin blogmu ini berarti awal-awal ideku handmade ya? Pas itu tahun 2010. Iya, ngikutin postingan GDO juga hehe

    ReplyDelete
  3. Hola mba Erny,
    blog sekitar tahun 2010, tapi sebelumnya pakai multiply yg sekarang sudah almarhum :p Lol. Kapan2 bertemu yukk :*

    ReplyDelete