Monday, February 20, 2017

#myDIYstories Volume #18: Mempercantik Pot Tanaman Hias


Panggilan kepada ibu-ibu masa kini yang hobbynya selain mengurus keluarga, juga memotret yang lucu-lucu dan MENDEKORASI RUMAH. Hayooo.. siapa yang termasuk dalam "golongan" ini? Tenang-tenang, saya ngga bilang kalau "golongan" ini adalah golongan yang buruk. Justru saya salut sama ibu-ibu jaman sekarang yang kerjanya ngga hanya seputar dapur, tetapi bisa berbagai macam skill termasuk dekor-mendekor rumah sehingga membuat seluruh penghuni rumah jadi tambah betah untuk berada di dalamnya.

 (Iya, saya termasuk juga :D )

Buat yang doyan mendekorasi rumah, pastinya sekarang ini juga lagi kegilaan dengan tanaman di dalam rumah (indoor plant). Tanaman dengan perawatan yang tidak begitu ribet tetapi bisa hidup mudah di dalam rumah. Tetapi tetap memerlukan air dan sinar matahari, walaupun kadarnya ngga begitu banyak. 

Tanaman-tanaman tersebut selain cantik juga membuat rumah menjadi semakin teduh. Tentunya dibutuhkan pot yang cantik juga. Kemarin saya sempat pergi ke Ikea untuk mencari pot-pot yang cantik. Harganya lumayan mahal untuk pot yang berukuran sedang sampai besar. Yang sedang dan terbuat dari keramik bisa sekitar Rp. 80.000-an atau lebih. Kebayang kan kalau kita punya banyak tanaman? Berapa banyak pot yang harus kita beli?

Daripada beli pot sampai ratusan ribu, mending uangnya kita pakai untuk yang lebih berguna. Atau, untuk beli tanaman yang lain lagi. Hihihi.. Setuju?

Jangan buang pot hitam seperti ember yang biasanya kita dapatkan langsung dari tukang tanaman pas membeli tanaman. Sekarang saatnya mengubah pot "murahan" kita menjadi pot ala-ala pinterest :p 


Alat dan Bahan

  • Tanaman Hias
  • Pot Tanaman
  • Lem Tembak + isi
  • Tali Daur Ulang
  • Kuas
  • Gunting
  • Pallet
  • Cat Acrylic Putih

Jika kalian sudah menyiapkan alat dan bahan, yuk langsung aja kita buat.

1. Lilitkan tali daur ulang melingkari pot tanaman

2. dan jangan lupa lem dengan lem tembak 

3. Seperti ini jika sudah dililitkan dan ditempel dengan lem tembak 

 4. Lalu cat dengan cat acrylic bagian atas pot tanaman

5. Jadi deh.

Bener kan yang saya bilang tadi? Ngga perlu beli pot mahal-mahal. Sekarang kalian bisa punya pot baru yang murah meriah tetapi tetap kece! Fyi, saya beli tali daur ulang di toko buku seharga Rp.8.000 per bungkus. Dan untuk pot ini saya memerlukan 2 bungkus. Jadi hanya Rp. 16.000 !!!


Kalau kalian sudah membuatnya, boleh loh posting di instagram dengan hashtag #myDIYstories . Selamat mencoba :)


Content: Widya Restami // Photo: Andreas Yesiandaru // Editor: Martha Puri

2 comments: